Fungsi LOOKUP pada Microsoft Excel
Fungsi
LOOKUP ada 2 yaitu VLOOKUP dan HLOOKUP.VLOOKUP BERFUNGSI untuk
melihat/mengecek data secara vertikal.Sedangkan HLOOKUP berfungsi
sebagai untuk melihat/mengecek data secara horizontal.
Penulisan :
=VLOOKUP(nama_baris;tabel;kolom_pencarian;range_lookup)
Contoh:
Solusi :
Pada A8 masukkan nilai NIM terlebih dahulu yang terdapat pada tabel NIM-Nama. kemudian pada B8 ketikkan formula =LOOKUP(A8;$A$2:$B$5;2;0).
Penulisan :
=HLOOKUP(nama_kolom;tabel;baris_pencarian;range_lookup)
Contoh :
solusi :
Pada C6 ketikkan formula =HLOOKUP(B6;$B$1:$F$3;2;0)
lookup value
Pada prinsipnya sama dengan Vlookup, namun pada lookup value ini
memungkinkan kita untuk mengambil beberapa data dari tabel lain sabagai
referensi / patokan.
Contoh :
Dari 2 tabel yakni tabel peminjaman dan tabel buku akan dibuat Daftar Peminjaman Buku.
solusi :
– Nama pada cell B11 adl =VLOOKUP(A11;$A$2:$D$5;2;0)
– Perihal pada cell D11 adl = VLOOKUP(C11;$F$2:$H$5;2;0)
– Judul pada cell E11 adl = VLOOKUP(C11;$F$2:$H$5;3;0)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar